Dedikasi Ibu Marintan Sirait pada Jendela Raksasa

Dosen favorit saya semasa kuliah ditakdirkan bertemu lagi. Ia dan Jendela Ide Bandung memang sangat berdedikasi untuk membangun skena performing art dan pertunjukan seni sejak dulu.

Kini ia sedang menjadi sutradara dan tim artistik drama musikal anak/remaja bertajuk Jendela Raksasa. Berbagi cerita bagaimana sebuah ekosistem pertunjukan hendaknya dibangun dari hulu ke hilir dengan mengoptimalkan kreativitas yang tidak hanya sebagai konsep yang mendewakan seni semata. Mempopulerkan seni lewat anak/remaja menjadi aset penting supaya mereka bisa selalu waras di tengah pergulatan dunia yang kian panas.

Ibu Marintan Sirait dengan ketenangan sungai tanpa riak, membuat saya belajar arti pengabdian pada masyarakat. Bagaimana seni mesti menyentuh segala sendi kehidupan. Dan anak/remaja adalah salah satu unsur penting yang disertakan.

Jendela Raksasa sebelum pementasannya melakukan workshop bunyi ke beberapa sekolah. Menggunakan metode seperti folley artist, mengumpul dan mencipta suara dengan keterlibatan anak sekolah untuk digunakan sebagai sound effect di drama musikal tersebut. Supercool yah. Orang-orang hebat seperti bu Marintan banyak sekali di Indonesia ini, bolehlah sesekali kita mengekspos orang-orang inspiratif macam beliau ketimbang memberikan panggung pada boneka-boneka politik penuh kepentingan..

Salam seni..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s