Bangkok Musical Trip

Seharusnya tulisan ini dibuat setahun yang lalu saat saya melakukan ide gila dengan Aria, keliling Asia Tenggara satu bulan tanpa itinerary. Alhasil kita mengubek setiap kota tanpa terpatok harus pulang kapan. Seingat saya, dulu kami belum beli tiket pulang. Jadi sama sekali tanpa perencanaan.

Destinasi yang dicari adalah segala hal yang berkaitan dengan musik, pertunjukan dan pasar-pasaran. Bangkok banyak banget pilihan pasar, kami fokus ke pasar antik, pasar anak muda dan pasar yang jual koleksi piringan hitam.

Ini beberapa destinasi untuk kamu penyuka musik;

  • Cak Tu Cak market, saking gedenya pasar Cak Tu Cak, kami gagal menemukan dimana letak penjual piringan hitam. Huft! Tapi cukup senang dan terhibur melihat pertunjukan musisi country dan arak-arakan perkusi. Selain banyak hal yang bisa dilihat, Cak Tu Cak bisa jadi pilihan utama untuk kamu yang suka belanja, makan enak sambil melihat pertunjukan jalanan.

 

  • JJ Green Market, letaknya masih satu area dengan Cak Tu Cak. Kalau Cak Tu Cak pagi sampai jam 6 malam, kalau JJ Green Market dari jam 6 sampai malam. Kongkow sambil ngebir, jajan kuah yang unik-unik dan ngeliat barang-barang dari desainer lokal Bangkok mungkin lebih santai di sini. Tempatnya ga seramai Cak Tu Cak dan ga terlalu banyak pilihan. Ada satu toko piringan hitam tapi sayang harganya seperti di Indonesia. Ga bisa dibeli untuk dijual lagi. Tapi kalau mau beli untuk koleksi sendiri ya lumayan. Koleksi jazznya banyak pillihan dibandingkan dengan genre lain.
  • Chinatown market, ini tempat favoritnya orang yang doyan street food. Mau makan aneka seafood, mie bebek, jus segar dengan harga superduper murah mesti kesini. Jangan lewatkan mencuci mulut pake duren Bangkok yang enak. Di sini pula kamu bisa menemukan satu record store tua dengan koleksi musik-musik Thai yang eksotis. Karena keterbatasan bahasa, kamu harus tau dulu siapa musisi yang kamu cari.

musical trip bangkok 8

  • Di daerah Ratchadapisek, coba cari Fortune Tower buat dapetin DVD musik murah, ada yang asli yang bajakan juga banyak. Pinter milihnya aja. Piringan hitamnya ada yang harga miring tapi sedikit haha. Banyak audio yang bagus-bagus, turntable aneh-aneh. Cuci mata tapi ga terlalu ok kalau dari harga, masih lebih murah di Indonesia.
  • Train Market, the name is Rot Fai Market. Is located on Srinakarin Soi 51, just behind Seacon Square Shopping Mall. Mending naik taksi aja dari Nut station biar ga bingung. Ini pasar antik terbaiknya Bangkok. Superbesar dan menyenangkan untuk diubek. Tiap toko didesain kayak rumah yang nyaman dan barang-barang di dalamnya bisa dibeli.

musical trip bangkok 7

  • Untuk pecinta rilisan fisik lokal dan kekinian, wajib mengunjungi Bangkok Art Culture. Cari record label Bangkok yang merilis musisi indie yang musiknya bagus, berkarakter dan beragam macam; Small Room record, Parinam record dan Colorcode.

musical trip bangkok 3

 

  • Menutup musical trip di Bangkok dengan menonton pertunjukan lady boy yang ciamik di Aquatique mall.

musical trip bangkok 1

 

Sebenarnya waktu saya untuk menjelajah Bangkok tidak cukup, walau masih sempat main ke record label, Smallroom, saya melewatkan menjelajah record store lokal anak muda, Recoroom di daerah Ekkamai. Next, pasti akan berkunjung.

Buat teman-teman yang punya rekomendasi tempat seru di Bangkok yang ada hubungannya sama musik boleh tulis di kolom komentar yah.

 

Kapun kap..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s