#RekomendasiSenin 18 Januari 2016

Sekarang saya hidup dimana akses informasi memudahkan untuk mengeksplorasi musik bagus. Namun setiap manusia mempunyai kemelakatan-kemelakatannya sendiri, misalnya kemelekatan terhadap waktu. Walau akses mudah, saya tidak terlalu punya banyak waktu. Maka setiap hari Senin adalah saatnya eksplorasi sambil bertanya paa teman-teman, ada rekomendasi musik bagus apa yang mesti saya simak. Saya pun akan gantian memberikan rekomendasi musik bagus yang baru saya temui akhir-akhir ini.

Beberapa musisi yang albumnya baru saja saya beli dan ternyata bagus semua. Ini dia #rekomendasiSenin dari saya.

  • Asteriska, albumnya bagus banget, bertajuk Distance. Kamu bisa lihat contekan lagunya di sini. Cewek cantik ini adalah vokalisnya Barasuara juga. Kamu juga bisa denger lagunya versi panjang di soundcloud-nya. Suaranya yang khas dengan kelembutan yang pas membuat lagu-lagu Asteriska cocok dinikmati saat ingin melepas penat.

 

  • Awal membeli CD Sri Hanuraga di Kineruku saya ga pernah nyangka kalau ini adalah album jazz yang mengejutkan. Saya pun baru tau kalau album yang saya beli adalah album kedua. Seminggu setelah membeli albumnya Aga, begitu kemudian saya memanggilnya, manggung di The Papandayan Bandung. Bersama Kevin Yosua dan Elfa Zulham, Aga bermain dengan lincahnya.Dia pianis jazz yang baru pulang lagi ke Indonesia dan sekarang mengajar di IMDI. Kalau iseng pengen lihat performnya bisa cek di sini.

 

  • Gustu Brahmanta trio percampuran antara jazz dan musik etnik Bali. Gustu Brahmanta sendiri adalah seorang drummer. Di albumnya yang berjudul Putri Cening Ayu, ia terinspirasi dari lagu-lagu folk Bali yang populer. Dengan balutan irama rindik, gamelan Bali yang terbuat dari bambu, Gustu Brahmanta mampu menyajikan sebuah album yang layak didengarkan oleh siapapun yang menyukai musik-musik etnik unik. Perform mereka di Beishan World Music Festival.

 

  • The Jongens, saat tak sengaja berkenalan dengan Sri Hanuraga, saya sekalian berkenalan dengan Elfa Zulham yang kali itu sedang membantu Aga. Saat saya menanyakan band-band yang dimotori oleh Zulham, ia menyebut salah satunya adalah The Jongens. Gabungan dari teman-teman semasa studi di Belanda, The Jongens adalah quartet yang bernafaskan jazz modern. Di albumnya yang bertajuk Industri mereka mengangkat hal-hal yang dekat dengan keseharian lalu menginterpretasinya pada nada-nada yang berkesan padat namun lugas. Sayangnya saya tidak bisa mendapatkan contoh lagu-lagu The Jongens terbaru yang dirilis tahun lalu, mungkin kiranya video The Jongens feat. Dira Sugandi bisa menjadi jembatan untuk membeli CD mereka dan mengenal lebih jauh lagi quartet keren asal Jakarta ini.

 

  • ATSEA; Anatomy The Sea, saya mendapatkan Cdnya minggu lalu ketika menonton Sound Delicious garapan Kolibri Records bersama Loubelle shop. Bundlingnya bersama sebuah buku yang mirip buku puisi (buku intrepretasi dari lagu mereka, ssst ada nama Rain Chudori sebagai salah seorang yang mengkoordinasi buku ini). Buku inilah yang menarik perhatian saya, Kolibri bekerjasama dengan Murmur house. Suka! Setelah membeli dan mendengarkan baru disadari ternyata saya bisa menikmati pop juga. HAHA. Mereka menyebut genre musiknya surf pop instrumentalia. Saya suka karena banyak unsur dream pop di dalamnya. Bukanlah keahlian saya untuk mereview namun ada satu tulisan bagus yang mewakili perasaan saya terhadap ATSEA, sila baca di sini.

 

Cukup 5 musisi di atas #rekomendasiSenin dari saya namun ada rekomendasi dari beberapa teman yang juga akan saya cantumkan di sini;

 

Silakan mendengarkan musisi-musisi ini, kalau enak sila disebar..

 

 

*foto Asteriska diambil dari Soundcloud yang bersangkutan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s