Noh Salleh di Substore

noh

Noh Salleh dikenal sebagai musisi yang melewati banyak proses dalam perjalanan bermusiknya. Setelah kurang lebih 8 tahun bersama band Hujan, ia mencoba keluar dari kotak nyamannya dan membuat album solo yang memikat hati. Berisikan 5 lagu dengan berkolaborasi lirik bersama Ade Paloh serta aransemen apik hasil garapan Mondo Gascaro dan Adink Permana, Noh menunjukan kepiawaiannya meramu musik yang berbeda dari yang biasa ia mainkan.

Saya mengenal Noh sejak ia melakukan tur Hujan yang pertama ke Indonesia, berlanjut komunikasi dipertemuan kedua saat Hujan membuat video klip “Mencari Konklusi” di Bandung sekitar 5 tahun yang lalu.

Noh di mata saya adalah seorang musisi yang kreatif dan berkemauan keras. Referensi musiknya yang cukup luas membuat Noh bermain musik tidak hanya disatu genre saja. Ia  seringkali mendengarkan musik-musik bagus buatan musisi Indonesia, berteman bersama mereka dan saling menginspirasi.

Hingga satu saat ia meminta Mondo Gascaro dan Adink Permana untuk menjadi tim produksi albumnya bertajuk, “Angin Kencang”.

Saat saya hendak membelinya, ia katakan kalau piringan hitamnya di pasaran sudah habis. Namun beberapa hari lalu dia dikabari oleh label rekamannya, ada sisa 15 keping. Noh pun bertanya pada saya, apakah berminat untuk menjualnya di Substore? Kebetulan ia akan ke Jakarta mengantar istrinya berbelanja sekalian vakansi. Ia menyanggupi adanya sesi tanda tangan. Saya meminta dia dengan agak memaksa, untuk nyanyi beberapa lagu di Substore. Memang dasarnya Noh baik hati. Ia menyetujui permintaan itu lalu sangat senang dengan persiapan dadakan dan apa adanya kami.

Saat memainkan nomor-nomor terbarunya, saya menemukan jiwa Noh yang flamboyan nan romantis, mungkin selama ini jiwa “manis” Noh tak cukup terlihat di karya-karya terdahulunya. Lagu-lagunya yang sekarang mendayu, masih Melayu namun tetap indah di telinga.

Ini video-video dari sisa keriaan malam itu;

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s