Menyimak Tentang Rasa

Satu belokan lagi kami akan sampai ke sebuah tempat refleksi, melepas kekecewaan tidak bisa menonton konser Frau. Namun tanpa disangka mbak Iit dari pihak penyelenggara memberitahu saya masih ada sisa 2 tiket lagi yang terselip. Tanpa pikir panjang kami memutar balik ke IFI.

Konser ini sudah saya nanti sejak pertama kali mas Gufi cerita dek Lani akan manggung di Bandung tapi sayangnya 10 menit sejak pintu gerbang pertunjukan di buka, tiket sudah habis. Tanpa sadar saya yang sudah berekspektasi macam-macam, meneteskan airmata. Ya cengeng memang. Tapi lupakan saja kesedihan tersebut. Nyatanya semesta mendukung saya untuk tetap menonton konser dek Lani.

Mereka menamakan konser ini Tentang Rasa, dari awal saya merasa asing dengan aroma di dalam ruangan IFI. Wangi-wangi gemana gitu.

Pembukaan oleh Deugalih mampu membuat saya merinding mendengar kutipan-kutipan yang dilontarkan penyanyi balada itu. Apalagi lagu bertema Papua. Liriknya tentu lahir dari keresahan dan kemarahan atas ketidakadilan.

Sekitar pukul 20.30, Deugalih memanggil Frau untuk tampil.

Setengah jam lebih Frau membawakan nomor-nomor pilihan ciamik milik dirinya dilanjut dengan musikalisasi puisi. Jenakanya puisi Sitor Situmorang, Berita Perjalanan dapat diinterpretasi dengan baiknya.

IMG_3982

“Kujelajahi bumi dan alis kekasih….”

Lalu nada-nada itu terdengar sayup, membuat saya relaks dan setengah mengigau seperti menahan kantuk. Suami pelan-pelan memijat punggung sambil bilang; “Nanti nama anak kita, Frau ya.”

Aku mengangguk dan buru-buru terjaga. Saking menikmati pertunjukan, banyak hal-hal yang tidakk berbatas kemudian menjadi intim serta larut. Untunglah ada jeda 5 menit yang membuat saya kembali lagi ke realita, sadar kalau dek Lani sedang konser, saya penonton konser yang kebetulan terlalu menikmati dan masuk ke dalam abjad-abjad liriknya hingga hampir tertidur.

IMG_3972

Panitia membagikan minuman berbagai jenis. Sempat bingung dan mencari korelasinya dengan konser ini. Sampai dek Lani kembali masuk, ia menjelaskan makna Konser Tentang Rasa. Saya pun sedikitnya paham, ada pemahaman  yang ingin dibagi oleh dek Lani. Bahwa musik tidak hanya sekedar pengalaman audistik ataupun visual, semua indera bisa dipergunakan. Rasa di lidah sebagai pengecap, kekuatan hidung sebagai penangkap aroma. Semuanya turut serta menjadi formula saat menginterpretasikan musik karena pengalaman musikal adalah suatu hal yang holistik, kurang lebih itulah yang saya tangkap dengar dari penjelasan si empunya acara.

Dari keseluruhan unsur yang membuat saya terkagum-kagum. Unsur tata lampulah yang paling membuat saya salut. Mengombang-ambing perasaan dengan permainan lampu.

Banyak kejutan di sesi kedua konser, ada kolaborasi bersama Erson Padapiran membawakan lagu Im A Sir dan Mr. Wolf. Ah ini adalah kolaborasi yang menggemaskan. Terlebih karena Erson pandai mengeksplorasi suara dan membuat suara-suara terompet keluar dari lazimnya yang selalu syahdu.

IMG_3983

Kejutan selanjutnya adalah kolaborasi bersama Rara Sekar membawakan lagu Rindu. Kalau tadi mendengar orang bergumam hanya di bagian reffrainnya saja. Iya itu saya.

Satu jam lebih setlist panjang dari Frau digelar. Puas sekali dan sangat menyenangkan. Kalau pun saya mencari celah atas kekurangan konser tadi. Tampaknya hanya satu, terganggu oleh gerombolan rekan-rekan mas Gufi di FOH yang ikut menyanyi lagu Fake Plastic Trees dengan nada lolongan menggebu, mungkin mereka ada yang sedang ingat mantan.

Terimakasih atas pertunjukannya dek Lani. Di tulisan ini memang terasa subjektif sekali. Ya namanya juga kepalang cinta. Apa-apa tentang Frau akan selalu menjadi rasa tersendiri bagi saya. Karena ini memang Tentang Rasa, bukan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s