#BincangMinggu bersama @AndreasArianto, Musik Sebagai Media Ilustrasi

Saya menyukai pergerakan Andreas Arianto dari awal mengenalnya. Ia adalah salah satu musisi yang menginspirasi saya untuk melewati batas-batas kemampuan. Dengan kepribadiannya yang menyenangkan dan tekun untuk belajar banyak hal, saya melihat Andreas sebagai bibit muda yang dapat membawa musik Indonesia lebih baik lagi.

andreas

Kesibukannya yang segudang tidak menjadikannya terlalu malas untuk meladeni #bincangminggu saya edisi tanggal 12 April 2015. Inilah rekap hasil #bincangminggu kami, semoga bukan hanya saya saja yang merasa Andreas brilian bersama pengalaman dan curhat colongannya. Selamat membaca..

Ihiy #bincangminggu hari ini bakal ngobrol sama musisi serba bisa @andreasarianto. Ngobrolin tentang Musik Sebagai Media Ilustrasi. Buat yg senang musik dan merasa menjadi musisi saja tidak cukup mendukung hidupmu. Bisa minta petuah dari @andreasarianto :p #bincangminggu

@Badutromantis halo Intan, halo temen2, apa kabarnya Minggu malem nih?

.@andreasarianto baiiik Ndreas. Yuk kita mulai #bincangminggu. Enaknya cerita tentang kesibukan kamu dulu kali yah.. Cerita-cerita dong tentang project ilustrasi musik yang pernah kamu garap?

@Badutromantis ada bbrp film pendek yang pernah gue garap sama tmn2 sutradara muda, ada bbrp animasi juga. Tp yg plg seru itu adalah.. waktu ikut bantuin garap musik utk The Raid 2, untuk teaser trailernya dan utk adegan di salju itu ๐Ÿ™‚ merinding!! Selebihnya ada bbrp ilustrasi utk iklan bbrp produk nih Ntan ๐Ÿ™‚

Njrit kesibukan lo menyenangkan gitu. Gemana cerita awal lo nyemplung di dunia ilustrasi musik? @andreasarianto #bincangminggu

@Badutromantis hmm awalnya itu pas remaja suka diminta iringin teater di gereja, dan pas ada yg ajarin juga walau dia bukan musisi.. yg kasi bimbingan itu sutradara teaternya, dan krn istilah2 dia non musikal, gue jd belajar relasi antara cerita dgn musik. Setiap kali kita dengerin musik pasti sambil ngerasain sesuatu, bayangin sesuatu, inget sesuatu, dsb. Itu sebabnya di segala media apapun yg bukan media cetak itu diuntungkan oleh kehadiran musik yg sesuai.

Lalu bagaimana proses kreatif saat musik sebagai ilustrasi berkolaborasi dengan film (misalkan) @andreasarianto #bincangminggu

@Badutromantis #bincangminggu gak pernah sama setiap kali mau mulai, tp yg pasti selalu tonton dulu sampe abis atau baca naskahnya dulu. Nah abis itu baru pilah2 setiap babak/adegan dan dibagi2 jadi lbh kecil supaya lbh gmpg ngeliat strukturnya. Stlh dapet mood dari keseluruhan filmnya, maka gue akan cari di mana adegan yg paling penting dan seberapa. Stlh ketemu hubungan dari 3 bagian itu, gue akan mulai berimajinasi utk nentuin musik spt apa yg dibutuhkan. Dari situlah baru gue mulai bs nentuin tempo, jenis tangga nada, instrumen apa aja yg diperluin, dsb.

ย 

Kesulitan terbesar apa yang ditemui saat melakukan proses kreatif menciptakan ilustrasi musik? @andreasarianto #bincangminggu

@Badutromantis #bincangminggu kesulitannya itu kalo proyeknya low budget tapi ambisius. Malah jadi harus pake bebunyian seadanya,.. Ada kesulitan yg lebih malesin lagi adalah kalo aspek visualnya sendiri gak bagus eksekusinya, jd musik harus ngos2an utk naikin suasana yg gak berhasil dibentuk oleh aspek visual. Ini yg lbh sering terjadi sih sayangnya. Kalo utk masalah inspirasi gak ada karena di jaman informasi skrg ini gmpg bgt cari referensi di internet ๐Ÿ™‚

Kasih saran dong buat temen-temen yang pengen punya karier di bidang ilustrasi musik? @andreasarianto #bincangminggu

@Badutromantis #bincangminggu kulik gimana mereka bertutur lewat gambar, dialog dan musik. Buka mata, hati dan telinga thd kehidupan sehari-hari. Selain itu perbanyak pergaulan dengan macem2 jenis orang supaya makin kenali karakter2 tokoh yg beragam. Dgn gitu kita makin mudah utk merasa related ke tokoh2 yg punya karakter yg kuat dan unik. Musik utk ilustrasi media memang plg banyak diisi dgn musik orkestral, tp gak terbatas genre itu aja kok. Kalo emg pgn dalami musik orkestral, mesti belajar instrumentasi, orkestrasi, teori, harmoni, dsb. Tapi banyak bgt penulis skor musik yg gak ngandelin alat2 orkestral sbg palet warna dan kuasnya kok. Jadi yang penting itu adalah pertajam intuisi musikalnya dulu baru skill teknis itu bs jadi berguna.

Makasih banyaaaak yah @andreasarianto buat #bincangminggu seru hari ini. Selekasnya akan direkap di http://eargasmme.comย  ๐Ÿ˜€

@Badutromantis #bincangminggu sama2 Intan, semoga bs bermanfaat buat temen2 juga yaa!!

ย 

Photo by Galeri Indonesia Kaya

ย 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s