Sindikat Musik Penghuni Bumi

Belum beberapa lama ini saya mengikuti sebuah akun yang cukup menarik di Twitter, ia menamakan dirinya Sindikat Musik Penghuni Bumi (@simponii). Saya memperhatikan apa saja yang mereka lakukan. Ternyata hal-hal tersebut menarik saya untuk mencari tahu lebih banyak tentang mereka dan tibalah saatnya saya mengajak mereka berbincang di #bincangminggu.

Awalnya saya hanya tahu mereka adalah band yang keliling-keliling SMP dari tahun 2010 untuk seminar bertemakan Kekerasan Terhadap Perempuan. Menciptakan lagu-lagu dan membuat video klip yang mengangkat isu tersebut lalu membuat diskusi ringan dengan para anak SMP.

simponii

Saat saya mengupas segala macam kegiatan mereka. Barulah saya tau mereka adalah sekelompok anak muda yang luar biasa, tidak hanya bergerak pada satu isu, beberapa isu lain pun mereka garap. Lebih tepatnya isu-isu sosial yang sekarang sedang naik daun.

Tidak hanya sendiri, berbagai lembaga yang kompeten dibidangnya diajak kolaborasi. Hingga kini sudah beberapa isu sosial diangkat, antara lain:

–         Isu Global Warming, membuat Rock N’ Green Tour 82 sekolah 82 hari,

–        Isu Anti Korupsi, gegara korupsi lingkungan hidup rusak, tingkat pendidikan buruk, tingkat kesehatan menyedihkan

–          Isu Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan, mereka membuat lagu dan video berjudul “Sister In Danger” dan roadshow ke 11 kota. Mereka mengajak pelajar laki-laki menghormati perempuan dalam tindakan dan ucapan. Lalu mengajak pelajar perempuan berani menolak dan melapor.

Mereka bergerak sendiri dengan bantuan crowdfunding beberapa lembaga yang berkompeten ((ICW dan Komnas Perempuan) dan berjualan merchandise.

Entah kenapa saya merasa kegiatan ini harus kita dukung supaya menjadi besar dan mengembalikan musik pada akarnya, menyebarkan nilai dan rasa. Banyak persoalan yang diketahui oleh anak muda hanya kulitnya saja, pemberitaan media yang tingkat akurasinya pun dipertanyakan. Gerakan ini membuat sebuah pandangan baru tentang musik sebagai sarana pendidikan, keterlibatan anak muda menjadi kunci. Anak mudalah yang harus berani berbicara, lantang menyerukan kebenaran dan ambil peran untuk memberikan informasi.

Terimakasih @simponii atas obrolan singkatnya. Semoga gerakan serupa bisa tetap percaya diri maju untuk kebaikan dan menyebarkan semangatnya melalui musik.

sumber foto: http://www.simponi10.blogspot.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s