Lirik Magis Efek Rumah Kaca

Alasan terkuat mengapa Efek Rumah Kaca menjadi bintang tamu #bincangminggu kali ini, kita bisa melihat lirik yang mereka buat sarat dengan kepedulian sosial.
Ini contohnya:
Di Udara: tentang pejuang HAM, Munir.Tapi aku tak pernah mati
Tak akan berhenti
Tapi aku tak pernah matiTak akan berhenti
Ku bisa dibuat menderita
Aku bisa dibuat tak bernyawadi kursi listrikan ataupun ditikamMosi tidak percaya: DPR dan perlawanan terhadap yang berkuasa

Ini masalah kuasa, alibimu berharga
kalau kami tak
lantas kau mau apa?
kamu tak berubah, selalu mencari celah
lalu semakin parah, tak ada jalan tengah

Jalang: pemberontakan terhadap UU anti pornografi dan pornoaksi

Karena mereka paling suci

Lalu mereka bilang kami jalang
Karena kami beda misi
Lalu mereka bilang kami jalang

Siapa yang berani bernyanyi

Nanti akan dikebiri
Siapa yang berani menari

Nanti kan disuntik mati

Belanja Terus Sampai Mati: mengangkat tentang budaya konsumtif

Akhir dari sebuah perjalanan
Mendarat di sudut pertokoan

Buang kepenatan

Awal dari sebuah kepuasan

Kadang menghadirkan kebanggaan
Raih keangkuhan

Menjadi Indonesia: Intropeksi dan mencari jati diri

Ada yang runtuh, tamah ramahmu

Beda teraniaya

Ada yang tumbuh, iri dengkimu

Cinta pergi kemana?

Memudakan tuamu

Menjelma dan menjadi Indonesia

Itu beberapa potongan lirik dari lagu Efek Rumah Kaca yang memasukan isu sosial ke dalam liriknya.

Beberapa lagu lainnya adalah:

Jangan Bakar Buku: saat banyak buku yang seharusnya adalah tempat ilmu malah

Hujan Jangan Marah: mengenai banjir

Kenakalan Remaja di Era Informatika: tentang fenomena pembuatan video sex

Banyak Asap Di Sana: urbanisasi

Hilang: tentang hilangnya para aktivis

Dari kata-kata yang dirangkum Efek Rumah Kaca memiliki semangat perubahan dan menjadikan musik sebagai cara untuk menuju Indonesia lebih baik.

Berikut adalah kutipan #bincangminggu saya dengan Efek Rumah Kaca tanggal 17 Februari 2013 silam:

 

Lirik yang kalian buat banyak yang bertemakan isu sosial. Awalnya keresahan seperti apa yang melanda?

Resah bahwa pada suatu masa (2000an) musik indonesia yang populer temanya sempat itu-itu saja, mudah tertebak. Padahal sebelumnya tema lagu indonesia itu sangat variatif, coba aja gali ke tahun 80an kebelakang, takjub deh. Kebetulan kami gak ada yg ngatur2 harus bikin lagu tertentu, ya udah di bebasin aja, jadinya kayak gituh.

Bagaimana cara pembuatan lirik agar tetap bisa pahami walau menyematkan isu sosial di dalamnya? Saya kaget saat keliling pelosok Indonesia banyak yang mengenal dan hafal betul lirik kalian..

Setiap orang punya tahapannya sendiri2 saat nulis litik. Erk, musik dahulu, litik setelahnya. Kenapa begitu? Musik/nada punya tujuan estetik tertentu,begitu jg dgn lirik.kalau sudah dapet nada enak,sering susah diubah. Nah kalau lirik, menurut erk bisa lebih fleksibel. Karena , cara mencapai tujuan bisa melalui banyak cara. Kalau masalah mudah dipahami itu bisa pilihan sih. Ada musisi yg memang ingin mudah dipahami, ada yg tidak. Menurut kebiasaan ERK, dlm menulis lirik,kadang ada yg langsung2 aja, Kadang samar2 , tergantung kebutuhan lagu. 

Pernah ga nemu penggemar yang nanya-nanya arti lagu kalian dan ngajak diskusi terhadap tema tersebut?

Yang nanya2 maksud lagu ada, yang gak setuju juga ada, yang abis itu lanjut dgn pertanyaan berat juga ada.  

Menurut kalian apa yang bisa kami lakukan setelah tau isu. Kami ingin melakukan sesuatu tapi kadang bingung?

Setelah tau isu, yah mulai melakukan sesuatu/menyatakan sikap. Bikin lagu, tulisan, gambar dll

Apakah kalian percaya kalau musik bisa menjadi hub agar anak muda terkoneksi lalu bergerak dan peduli?

Kami merasa musik membuat kami bnyk belajar,selain menghibur tentunya.bagi orang2 sprti ini,musik bisa jd hub.

Apa saja yang perlu dilakukan supaya musisi pemula bisa mulai memasukan isu sosial ke dalam lirik lagunya?

Gak harus isu sosial sih, kalo mereka gak tertarik gak usag dipaksakan.kalau dipaksakan kasian, nanti tertekan. Karena biasanya setelah nulis satu isu ke dalam lagu, akan ada pertanyaan lanjutan dari pendengar atau media

Terimakasih atas obrolan seru -nya.

 

 

 

 

sumber foto:
efekrumahkaca.net
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s