JKT48 di Mata @pipis

jkt

 

Opini Pribadi Prananta (@pipis) dari Dentsu sebelum #bincangminggu (4 Agustus 2013) bareng saya.

Wajar sih orang awam (sialnya) hanya tahu kelakuan fans militan yg tdk mewakili mayoritas fans. And I’m talking fandom in general. Karena kelakuan fans militan itulah yg paling banyak disorot. Jadi (sialnya) mau nggak mau, orang yg awalnya nggak tau jadi taunya cuman itu. Fandom Ekebi/Jeketi adalah pendatang baru di dunia hiburan Indonesia, bahkan bisa dibilang di dunia. Wajar bila banyak ‘pertentangan’. Apalagi datangnya dr Jepang yg secara budaya bertolak belakang dg Indonesia. Tapi justru di situ menariknya melihat penyesuaian dg lokal. Alasan suka memang sangat subyektif. Tapi bukan berarti tidak ada hal mendasar. Apakah seksual? Banyak bgt yg jauh lebih cantik dan seksi! Buat gue yg menarik adalah konsepnya. Sekumpulan remaja dg beragam karakter yg masing2 menawarkan kisah dan impian berbeda, tapi satu visi.”

Dan ini dia hasil #bincangminggu bareng @pipis:

JKT 48 itu adalah idol grup, apa aja pembeda mereka dengan AKB 48 selain lirik lagunya yang beda bahasa?

Beda yg paling kentara adalah “gravure”. Di Jepang, lumrah bila mereka berbikini dan berpakaian minim. Di sini nggak berlaku.

Seberapa besar pengaruh mereka di luar Jakarta? Bisa dipantau melalui apa saja?

Di luar Jakarta ini menarik. Mereka tahu cuman dr TV dan Youtube. Tapi itu ga menghalangi mereka utk ga ngefans. Misalnya pas direct selling, mereka bisa beli CD lgsg dr member. Itu pengalaman baru buat mereka. Jadinya banyak dr mereka punya impian utk nonton teaternya. Mereka nabung, patungan, berangkat ke Jakarta demi ini. 

Antusiasme saat tur 5 kota gemana?

Bagus banget. Bisa dilihat dr banyaknya fancam yg beredar di Youtube, meskipun dilarang mengambil gambar.

Penasaran nih sama theatre. Berapa kali mereka manggung? Ada yang manggung ada yang ngga?

Mereka tampil hampir tiap hari. Saat ini nampilin 2 show: Renai Kinshi Jourei oleh Team J dan Boku no Taiyou oleh Team KIII. Masing-masing show terdiri dr 16 lagu dan menawarkan ‘sensasi’ yg berbeda dg penampilan di TV atau event off air. Meski tampil hampir tiap hari dg show sama, tp pengalaman menonton pasti beda. Penonton bs lihat perkembangan member. Tiap show ditampilkan oleh 16 member. Saat ini jumlah member 51, terbagi jd Team J, Team KIII dan Trainee. Nabilah dan Melody paling populer, baik oleh fans maupun non fans. Tapi tiap member punya fansnya sendiri2 kok. 🙂

Terimakasih untuk teman-teman yang udah ikut ngobrol di #BincangMinggu edisi JKT48. Asli seru banyak hal baru yang menyenangkan.

 

sumber foto: official website JKT48

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s