Spasiba, Capt!

Apa yang terpikir olehmu saat melihat aksi Zeke Khaseli?

zeke1

 

Bukan sekali saya menonton aksi gila Zeke Khaseli dan merasakan sensasi serupa memakan buah naga, segar dan menyehatkan. Maka datanglah saya ke Fell In Love With The Wrong Planet, 2nd Album Concert & Mini ExhibitionZeke Khaseli. Saya dengan antusias pergi ke Goethe Institute dan mendapati orang-orang berekspresi sama… tidak sabar menunggu kejutan yang diberikan Zeke Khaseli pada kita. Ruangan Goethe cukup mumpuni untuk sekitar 150 orang, namun banyak yang tidak mendapatkan kursi. Pukul 8.30, sesi pertama diawali oleh David Tarigan yang membacakan peraturan konser dengan peniruan bahasa tubuh oleh wanita berkepala kuda. Permulaan bagus karena membuat Goethe lumayan riuh dengan aksi mereka berdua yang kocak. Pertunjukkan terbagi menjadi dua sesi. Di sesi pertama Zeke membawakan beberapa lagu dari album pertamanya, Salacca Zalacca. Dan konser pertama berlangsung meriah dengan gaya ekletik khas Zeke Khaseli, disertai penampilan musisi-musisi yang berdandan seru, Acum ‘Bangkutaman’ (sebagai Kimcil Witch), Angga ‘indobeatbox’ (berkostum pertambangan),

Image

Anggun Priambodo (Manusia berbaling-baling kipas angin)

 

Akbar ‘Efek Rumah Kaca’ (ultraman), Arie Gusti ‘LAIN’, Bin Harlan (berperan ganda: pijamas man dan bersorban berdandan ala FPI), Cholil Mahmud ‘Efek Rumah Kaca’(buah strawberry), Elang ‘Polyester Embassy’ (pria new wave gaul), Emil ‘Naif’ (buah nanas), Evan Storn (the shit head), DJ Heru ‘Quirk It’, Leonardo Ringo, Purusha Irma ‘L’Alphalpha‘ (wanita biola berambut biru), Vina ‘Fever to Tell‘ (wanita riang dari negeri dongeng), Yacko, Jon ‘White Shoes and The Couple Company’, Omo ‘The kucruts’, Bram “The Experience Brothers” dan Zico.

 

zeke5zeke2

 

Sebelum berlanjut ke sesi kedua. Penonton diberi jeda 30 menit untuk beristirahat dan menikmati mini exhibition, yang…. hmmmm dipersiapkan dengan tidak main-main. Entahlah, saya bisa begitu betah memandangi karya-karya pameran satu persatu dan dibawa dalam dunia Zeke Khaseli yang bercampur baur tanpa batas ruang dan waktu. Beberapa karya dipamerkan di lorong Goethe Institute. “Jerapah bertuliskan gajah” adalah favorit saya. zeke3

 Sesi kedua, semakin banyak penonton yang tidak kebagian tempat duduk. Penonton yang membeli presale didahulukan dan diberi tempat istimewa karena mereka akan terlibat langsung dalam pembuatan film dokumenter berjudul “Panspermia” yang disutradarai Amir Pohan (pemain drum Zeke and The Popo). Terus terang bagian paling keren selain dari munculnya tokoh-tokoh khayalan yang fantastis adalah bunyi theremin, dimainkan langsung oleh pembuatnya, Evan Storn. Sesi kedua ini memadukan unsur alam yang kental sekali terlihat dari dekorasi dan lirik-lirik lagu dari album kedua Zeke. Saya seolah diculik pergi ke sebuah tempat antah berantah dan dilenyapkan semua ingatannya. Konser yang intim dengan selipan candaan Zeke. Menyenangkan sekali.

 Kejutan belum berakhir sampai di sini. Zeke memanggil Leonardo, Amir Pohan, Iman Fattah (namun Iman tak kunjung datang) dan Yudi , yeay, reuni Zeke and The Popo, membawakan dua lagu mereka, Profesor Komodo dan Mighty Love. Bernostalgia ke tahun 2008, dimana Zeke and The Popopernah membuat konser juga di Goethe, bertajuk “Space In The Headlines“.     Zeke di konser ini menyerukan pemikiran-pemikiran keren tentang pentingnya sebuah komunitas. Spirit yang diusungnya menghidupkan suasana hingga akhir acara. Zeke memanggil satu persatu pendukung acara di lagu Pig Paranoia. Balon-balon berjatuhan tanda konser berakhir. Konser yang meninggalkan kesan dalam bagi saya, rasa puas dan semangat untuk terus menggiatkan komunitas. Percaya akan kekuatan musik yang bisa menjadi bahasa segala rasa. Terimakasih Zeke Khaseli. Spasiba, Capt!

Torehan kecil: Dua lagu yang paling saya suka di album ini: Jules et Jim dan Rolling Like a Stupid Stone. Teman yang tidak sempat hadir bisa membeli albumnya beserta tote bag ber-artwork ciamik, dengan 8 pilihan karya. Liriklah juga zekekhaseli.com untuk dengar betapa kecenya album Fell In Love With The Wrong Planet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s